Rabu, 16 Mei 2012

Car audio contes

Senin, 24 Januari 2011

HEAD UNIT COPOTAN OEM

Pernah dimuat di majalah CAR & TUNING GUIDE
IN CAR-TAINMENT –

By Rahmat Sadeli/Photos by Artha/Design by Pr!ma

ADOPSI FITUR TERKINI
Bisa putar CD, iPod bahkan head unit OEM Freed dibekali time delay
Head unit standar OEM secara umum, fiturnya sudah cukup bagus. Hampir semuanya sudah dibekali CD player, bahkan bisa koneksi iPod. Namun bagi yang tak puas dengan head unit OEM, langkah penggantian head unit kerap terjadi. Dan buat Anda pemilik mobil yang masih pakai head unit dengan kualitas minim, head unit copotan OEM berkualitas ini merupakan peluang untuk upgrade sistem audio agar lebih bagus.
Suryadi, instalatur audio Dynamics Auto Sound, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat berpendapat, ada dua head unit OEM yang diburu banyak orang. “Head unit new Jazz dan Freed,” ungkap Suryadi. Mengapa dua head unit ini dicari orang? Alasan pertama kedua head unit ini mengusung label Kenwood, tipe DDX-5110U untuk new Jazz dan DDX-6110U untuk Freed.
******
Khusus new Jazz fiturnya ada USB, iPod dan MP3. “Untuk Freed selain bisa USB, iPod dan MP3, ada time aligment-nya,” bilang Suryadi. Dengan hal fitur time aligment atau time delay, kecepatan datangnya suara dapat diatur sesuai kemauan. Sedangkan dari sisi tampilan head unit tipe 2 DIN-nya punya desain bagus dengan tombol-tombol terlihat hitech. Harga head unit copotan untuk new Jazz berkisar Rp 1,8 juta dan Freed Rp 2 juta.
Selain dua mobil di atas, head unit standar Innova juga banyak dicari orang. Kimbun menuturkan, head unit Innova memiliki fitur CD, MP3 dan radio. “Model 2 DIN ukuran 200 mm (dapat dipasang pada banyak mobil, Red. ), harganya Rp 1,25 juta,” ungkap Kimbun. Head unit lain yang kerap dicari orang menurut Suryadi ada di Rush tipe lama. “Disukai karena bisa putar CD dan juga kaset,” ungkap pria berkaca mata ini. Ada juga head unit 2 DIN standar CR-V yang memiliki fitur DVD, monitor TV, USB dan iPod. “Harga antara Rp 3,5 juta sampai Rp 4 juta,” ungkap Suryadi. Sedangkan head unit standar Honda merek JVC dengan fitur MP3, USB dan iPod dijual Rp 1,25 juta.
Boks 1:
Cara Pilih
TELITI SEBELUM BELI
Karena yang dibeli head unit copotan OEM dan ini masuk kategori bekas, bukan tidak mungkin produk yang Anda beli kurang bagus kualitasnya. Untuk itu dibutuhkan beberapa langkah agar produk yang dibeli memuaskan.
• Khusus untuk CD atau kaset lakukan tes bunyi.
• Periksa juga radionya.
• Tes aplikasi tombol-tombolnya.
• Lakukan pemeriksaan diplay untuk melihat kondisinya, berfungsi atau tidak.
Keterangan Foto:
1. Foto head unit Freed Head unit Freed dengan fitur time delay, membuat staging suara di mobil jadi lebih jelas.
2. Foto head unit CR-V Head unit CR-V sudah dibekali DVD dan monitor TV, layak diburu.

BUZZ
HOME AUDIO VS CAR AUDIO
Jika di home audio angle speaker tak jadi kendala, di mobil jarak dengar antara speaker kiri dan kanan beda. Aplikasi head unit dengan time delay akan mudah mendapatkan jarak dengar bersamaan. Buat orang yang terbiasa pakai head unit tanpa prossesor, bisa dilakukan dengan meracik x-over pasif custom. Kalau bikin cutting x-over pasifnya benar suara bisa bagus walau tanpa pakai time delay.

Senin, 11 Oktober 2010

UPGRADE AUDIO HONDA FREED FOR DAILY USE

ENTRI LEVEL SAMPAI KOSMETIK SIMPEL
Lengkap dari mulai tambah sub sampai ganti seluruh komponen
Sistem audio standar Freed untuk aplikasi harian sudah bisa diandalkan buat didengar. Namun buat kamu yang doyan dengar audio bagus, sistemnya wajib ditingkatkan. “Kurangnya pada nada rendah, karena tanpa sub,” ungkap Hong Yono, instalatur Prisma Autosound, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Sebelum melangkah pada proses ubahan, instalatur wajib melakukan observasi, mulai dari meneliti kualitas head unit, speaker sampai ruang akustiknya. “Karena ini untuk daily use, ubahan yang dilakukan, mulai dari entry level sampai aplikasi kosmetik simpel,” ucap instalatur yang tinggal di Jelambar, Jakarta Barat.
Khusus untuk Freed dengan pintu sliding manual, head unit standarnya memakai produk JVC KW-XG70HM memiliki daya 4x50 watt. Filter suaranya 24 bit, WMA/MP3/CD, fiturnya fader dan balance. Sedangkan head unit tipe power sliding door dibekali produk Kenwood 2 DIN MP3/WMA/AAC/USB/iPod dengan time correction, x-over aktif, dan equalizer.
******
Speaker standar baik tipe sliding manual atau power sliding door spesifikasinya seperti di Honda new Jazz. Untuk ukuran standar sudah oke, karena full range coaxial. Magnetnya kecil, suara bawahnya tak bisa dapat optimal. Jumlahnya 2 set untuk depan dan belakang, frame atau tulangnya dari plastik.
Dari segi kabin untuk taruh kompoen audio mesti diteliti dari depan sampai belakang. “Ruang kabin cukup lebar,” ungkap Hong Yono. Sedangkan dari segi dasbor terbilang antara kiri dan kanan rata, untuk dapat staging di depan lebih mudah. Dasbornya juga dalam, sehingga untuk menempatkan lontar speaker tak terlalu menghalangi pandangan.
Berikutnya bagasi, menurut Hong kedalamnnya mirip Avanza. “Ke sampingnya lebih lebar Avanza.”. Pemilihan sub paling ideal untuk harian adalah ukuran 10 inci. Jumlahnya bisa 2 unit, magnertnya kecil. Enggak dianjurkan terlalu panjang magnetnya, karena bisa makan tempat. Jika pengin lebih jelas, di bawah ini dijabarkan tahap demi tatahap ubahan dari mulai stage 1, entry level sampai stage 4 atau mengganti seluruh komponen dengan penambahan kosmetik ringan. Rahmat/Rahmat/Prima

Boks 1:
Stage 1
PENAMBAHAN SUB AKTIF
Stage 1 bisa dilakukan dengan penambahan sub aktif. Karena head unit standar sudah ada RCA output buat sub. Sub tipis ukuran 8 inci atau bass tube 8 inci bisa dipakai,targetnya tak makan bagasi. Sub tipis semacam Mu Dimension dengan x-over aktif, ADX 8 inci, Steelmate 8 inci, Performa 8 inci dapat diaplikasi. Harga subnya antara Rp 1,3 juta-Rp 2,4 juta.

Boks 2:
Stage 2
ADA HAMBATAN REL POWER WINDOW
Jika pengin meningkat lagi ganti speaker standar. Speaker yang diajurkan mestilah tak memiliki magnet yang besar dan frame tak terlalu besar. Hal ini lantaran di belakang lubangnya ada rel power window. Ukuran speaker yang dianjurkan 6 inci, merek Danish Acoustic 6 inci, DLS 6 inci, Domination D’Lite 6 inci atau Mu Dimension 6 inci. Harga untuk speaker Rp 1,3 juta-Rp 4 juta. Biaya instalasinya Rp 250 ribu.

Boks 3:
Stage 3
LEBIH BERTENAGA
Tahap berikutnya penambahan power dengan tetap mengandalkan subwoofer aktif. Power dua unit dapat ditaruh di bawah bangku tengah. Power yang bisa dipakai DLS 2x60 watt atau pakai LM 4x135 watt. Efek yang ditimbulkan suara lebih bertenaga. Biaya yang dibutuhkan untuk power LM 4 kanal Rp 1,65 juta dan DLS Rp 2 juta. Biaya instalasi sekitar Rp 500 ribu.
Boks 4:
Stage 4
SELURUH KOMPONEN DIGANTI
Stage 4 berarti melakukan penggantian head unit dan penambahan sub dengan sub aktif tak dipakai lagi. Speaker juga diganti, bisa memakai speaker stage 2. Head unit bisa memakai, 1DIN Rp 1,5 juta-Rp 4 juta. Sedangkan 2 DIN bisa diarahkan ke produk yang telah memiliki layar monitor. Fiturnya DVD/MP3 iPod, USB. Ada merek Mtech, AVT, Sony, Alpine, Clarion Pioeneer. Harga Rp 3,5 juta-Rp 13 juta Seluruh sistem dirombak!
Sub yang dipakai biasanya single coil ukuran 10 inci, sperti merek Mu Dimension, Lightning Audio atau Kicker. Magnetnya diusahakan tak terlalu besar agar volume boks tak besar agar tak menggusur jok paling belakang. Bisa saja pakai 1 sub 12 inci, namun desain boks mesti dibuat ke atas, ukuran boks 1,25 kubik kaki. Harga 2 sub 10 inci Rp 2 juta-Rp 6 juta. Instalasinya Rp 1,75 juta sampai Rp 4 juta (kategori kosmetik simpel dengan akrilik)

UPGRADE AUDIO MPV

By Rahmat Sadeli
SUB AKTIF SAMPAI ROMBAK TOTAL
Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki
Ditilik dari sistem audionya, MPV umumnya sudah dibekali perangkat standar buat diandalkan. Namun khusus yang ingin menambah kualitas suara dan fasilitasnya, mau enggak mau sistemnnya wajib di-upgrade. Biar lebih komplet, urutan upgrade audionya dilakukan dari level paling rendah sampai tinggi.
Pada level awal Anda bisa menambahkan subwoofer aktif. Umumnya head unit standar sudah ada RCA output buat subwoofer. Sub tipis ukuran 8 inci atau bass tube 8 inci bisa diaplikasi, kemungkinan memakan ruang bagasi amat kecil. Sub tipis semacam Symbion, Steelmate 8 inci, ADX 8 inci, Steelmate 8 inci, Performa 8 inci dapat diaplikasi. Harga subnya antara Rp 1,3 juta-Rp 2,4 juta.
Jika ingin mendapatkan semburan suara vokal dan instrumen musik lebih optimal, lakukan penggantian speaker standar. Ukuran speaker yang dianjurkan 6 inci sampai 6,5 inci. Khusus untuk Honda Freed usahakan pakai 6 cm karena ada mekanisme rel yang ganggu dudukan buat speaker. Produk berlabel Danish Acoustic 6 inci, DLS 6 inci, Domination D’Lite 6 inci atau Crescendo Opus 8.6 inci dapat dipakai. Harga untuk speaker Rp 1,3 juta-Rp 4 juta.
Fase berikutnya bisa ditempuh via penambahan power, dengan tetap mengandalkan subwoofer aktif. Power dua unit dapat ditaruh di bawah bangku tengah. Power yang bisa dipakai DLS 2x60 watt atau pakai LM 4x135 watt. Efek yang ditimbulkan suara lebih bertenaga. Biaya yang dibutuhkan untuk power LM 4 kanal Rp 1,65 juta dan DLS Rp 2 juta.
Tingkat berikutnya lakukan perombakan seluruh sistem Head unit bisa memakai, 1DIN Rp 1,5 juta-Rp 4 juta. Sedangkan 2 DIN bisa diarahkan ke produk yang telah memiliki layar monitor. Fiturnya DVD/MP3 iPod, USB. Ada merek Mtech, AVT, Sony, Alpine, Clarion Pioenee dengan harga Rp 3,5 juta sampai Rp 13 juta. Sedangkan sub yang dipakai biasanya single coil ukuran 10 inci, sperti merek Venom, Lightning Audio atau Kicker. Magnetnya diusahakan tak terlalu besar agar volume boks tak besar agar tak menggusur jok paling belakang. Harga sub berkisar Rp 1 juta sampai Rp 3 juta.
Boks 1:
Pasang Game
WAJIB ADA INVERTER
Selain perangkat suara yang ciamik, umumnya mobil MPV melengkapi sistemnya dengan penambahan perangkat multimedia, seperti aplikasi game. Untuk menuju ke sana, Anda mesti memasang head unit dengan fasilitas DVD player. Kisaran harga head unitnya mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 13 juta. Lalu, poin berikutnya untuk aplikasi game, Anda bisa pasang TV di head rest sebanyak 2 buah. Harga TV head rest berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta.
Setelah sudah ada TV untuk menfungsikan perangkat game yang umumnya menggunakan arus AC, kamu wajib memakai inverter untuk mengubah tegangan listrik dari 12 volt jadi 220 volt. Harga inverter berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta bergantung daya yang dimiliki. Dengan adanya koneksi dari inverter kamu bisa lakukan perburuan perangkat game, untuk PlayStation 3 kamu bisa sediakan dana mulai dari Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta. Sedangkan bagi yang mau pakai konsol game Xbox 360 sediakan dana Rp 4,1 juta sampai Rp 4,9 juta.

Minggu, 10 Oktober 2010

15 MITOS AUDIO MOBIL

Tulisan ini pernah dimuat di majalah MOTOR Modified Cars & Lifestyle (Kompas Gramedia)
 Penulis:  Rachmad Sadeli
MENGUAK YANG SAMAR-SAMAR
Mulai dari pengaturan nada sampai ukuran boks subwoofer
Seperti cabang ilmu lain, dunia audio mobil juga mengenal mitos-mitos yang berkembang di benak publiknya. Jika mitos-mitos ini dipercayai dan tanpa krosscek bukan tidak mungkin berakibat fatal pada sistem yang akan dibangun. Untuk menguak misteri mitos-mitos dalam bidang tata suara ini, MOTOR sajikan 15 hal yang wajib dicermati berkaiatan dengan sistem audio. Rahmat
1. Pengaturan nada sebaiknya dibiarkan selalu datar.
Kalau saja nada datar bisa selalu mengasilkan suara prima dalam audio mobil, maka tak dibutuhkan tombol-tombol pengatur suara. Dalam home audio saja dibutuhkan perlakuan berbeda, apalagi di kabin mobil yang punya jarak dengar begitu dekat. Dengan adanya pengatur nada ini jika rekaman dirasakan kurang nada bas atau vokalnya dapat segera diatasi.
2. Merek-merek terkenal pasti bagus kualitas suaranya.
Dari segi desain sebuah perangkat mungkin benar terjamin kualitasnya. Namun untuk kualitas suara kadang tak bisa terwujud karena bisa saja ada komponen aslinya sudah diganti. Maka sebaiknya jika Anda tak ingin salah teliti juga komponen yang dipakai.Untuk di mobil selain barang berkualitas teknik pemasangan jadi faktor penting mendapatkan keluaran suara bermutu.
3. Makin besar subwoofer, makin bagus suara bassnya.
Dahulu pendapat itu bisa saja benar sebelum teknologi maju ditemukan. Sekarang bisa saja didapatkan suara berkualitas dari subwoofer berukuran kecil. Semisal subwoofer 8 inci merek A akan lebih bagus suaranya dibanding merek B yang berdiameter 12 inci. Penyebab speaker A lebih baik karena ditunjang teknik dan material yang dipakai berkualitas prima.
4. Ancaman satu-satunya buat tweeteer ialah daya yang diterima terlalu berlebihan.
Ternyata speaker bisa rusak bukan hanya daya besar, daya kecil pun bisa juga. Kalau watt power ampli tak cukup dan musik dimainkan dengan volume tinggi, maka akan terjadi pemotongan suara berlebihan. Sehingga tweeter tak mampu menahan beban itu. Selain itu, sinyal cacat akan lebih memanaskan gulungan kawat halus pada tweeter. Ujung-ujungnya kalau dibiarkan tweeter malah jebol.
5. Pakai peredam pasti vibrasi hilang total .
Sebagus-bagusnya teknik peredaman, pasti masih ada getaran
terjadi. Oleh karena itu, fungsi peredam bukan melibas total vibrasi, tapi lebih kepada mereduksinya. Peredaman total sampai tak terdengar suara dari luar malah membuat sistem jadi tak natural.
6. Kabel setrum tak pengaruhi kualitas suara.
Sinyal listrik yang melalui kabel setrum diubah peranti audio menjadi sinyal suara. Berdasarkan hal ini amat dibutuhkan kabel setrum berkualitas agar suara yang dihasilkan juga bagus. Makanya, untuk mendapatkan kualitas suara prima, perhatikan pemakaian kabel setrum.
7. Untuk memasang kabel kita tak perlu perhatikan arah.
Kabel-kebal berkualitas umumnya memiliki tanda arah pada selongsongnya. Tujuan dari arah ini untuk memberikan semburan suara optimal. Artinya pihak pabrikan telah lakukan riset untuk dapatkan suara yang baik.
8. Penempatan sekering bisa bebas dilakukan jarak kabel ke aki.
Opini ini tak tepat, sekring yang berperan melindungi aki atau alternator hendaknya ditaruh sedekat mungkin dengan komponen yang dilindungi. Jarak antara penghasil atau penyimpan arus ke sekring maksimal 35 cm.
9. Kabel mahal pasti memuaskan telinga kamu.
Setiap kabel memiliki karakter yang berbeda, ada yang dominant mengahasilkan nada bass dan ada pula kabel yang menghsilkan karakter vokal yang manis. Lalu ada kabel yang yang dapat merespons musik dengan cepat, tapi memiliki nada rendah buruk. Berdasrkan hal ini adalah sangat penting untuk memakai kabel sesuai dengan kebutuhan. Jadi janganlah melihat kabel dari sisi harganya terlebih dahulu, tapi lebih pada karakter suara yang dihasilkan.
10. Audio mobil tak perlu ditune up.
Penadapat ini tak tepat, sebuah sistem audio yang telah bekerja lama butuh setting ulang agar kinerja komponen bisa pulih kembali.
11. CD jenis musik metal dan rock tak bisa untuk jadi alat tes audio.
Segala CD dengan teknik perekaman bermutu bisa jadi alat tes mutu kualitas suara sebuah sistem audio. Begitu juga dengan CD musik metal dan rock. Sebuah sistem yang baik mestilah dapat memainkan berbagai aliran musik.
12. Optik CD dan DVD tak perlu dirawat.
Banyak oarang malas melakukan perawatan terhadap optik CD dan DVD lantaran letaknya tak terlihat. Padahal komponen ini seperti lainnya, butuh perlakukan dan perawatan agar tetap bisa awet. Langkah penecagahan pakai CD dan DVD dengan benar, lalu bersihkan dengan CD.DVD cleaner agar kemampuan optiknya tetap prima.
13. Menempatkan kabel audio secara sejajar dengan kabel kelistrikan mobil tak timbulkan apa-apa.
Menggabungkan kabel kelistrikan mobil dan kabel audio secata sejajar atau berada dalam satu jalur wajib dihindari. Jika dibaiarkan akan timbulkan storing lantaran adanya induksi listrik.
14. Kabel negatif dari sebuah komponen audio dapat ditempatkan pada berbagai tempat di bodi mobil.
Hal di atas wajib dihindari. Gunakan selalu metode satu titik, yaitu menggabungkan semua jalur listrik negatif perangkat audio kamu ke satu titik saja dan hubungkan ke langsung kebalnya ke kutub negatif aki.
15. Ingin dapat bass deep, boks subwoofer dibesarkan.
Pabrikan audio biasanya merekomendasikan ukuran boks untuk sebuah subwoofernya. Bagaimana kalau ukuran boksnya diperbesar dua kali lipat untuk dapatkan suara bass yang deep? Betul langkah ini dapat membuat bass jadi deep, tapi dapat mengakibatkan rusaknya subwoofer. Hal ini dikarenakan gerakkan subwoofer menjadi terlalu bebas yang akhirnya akan merusak sistem suspensinya.
Boks 1:
Teknologi Kabel
OXYGEN FREE COPPER
Demi tuntutan suara berkualitas, pabrikan audio melahirkan teknologi kabel yang diberi nama Oxygen Free Copper (OFC). Teknologi ini dikembangkan di Jepang pada tahun 1975. Prosesnya pembuatannya, tembaga cair di masukan dalam wadah cetak dan kemudian ditarik. Yang membuat OFC lebih unggul dibanding kabel lain, tembaga yang dihasilkan mengandung 10 PPM oksigen. Dan lebih penting lagi akibat tak dipengaruhi oksigen daya hantar kabel OFC meningkat antara 0,5 – 2% lebih baik model sebelumnya. Seiring dengan perkembangannya, melalui teknologi annealing (pelunakan) dihasilkan OFC dengan butiran kristal yang halus dan rapat. Konduktor jenis ini punya kemampuan daya hantar prima.

Boks 2:
Penyebab Kerusakan Speaker

MEKANIK DAN ELEKTRIK
Kerusakan speaker dapat ditinjau dari dua hal, pertama kerusakan akibat sistem mekanik yang bekerja berlebihan. Jika dirinci kerusakan mekanik ini disebabkan karena speaker tidak ditaruh dalam boks dan speaker di dalam boks ported dan digerakkan di bawah frekuensi tuning port-nya. Kerusan kedua disebabkan karena sistem elektriknya, biasanya lantaran panas voice coil yang berlebihan akibat arus yang terlalu besar.

Rabu, 24 Februari 2010

AUDIO MOBIL PREMIUM

Tulisan ini pernah dimuat di majalah MOTOR edisi 373.
Penulis: Rahmat



BOSE SAMPAI MARK LEVINSON
Mayoritas serius manjakan konsumen dengan audio kelas satu
            Galibnya mobil premium dibekali sistem audio yang mumpuni. Dalam hal ini pemakai benar-benar dimanjakan di segala hal. Bagaimana dengan sistem audio di mobil premium, apakah pabrikan-parikan mobil serius melakukan reka desain tata suara pada produk level atasnya? Untuk hal ini MOTOR berusaha menguliti sistem audio yang ada di mobil premium. Sebagai bahan bidikan liputan dipilih Mazda CX-9, Mercedes-Benz E350 Coupe, all new Nissan Teana, BMW  730L dan Lexus LS460L.
            Dari hasil penggalian fitur dan juga prosesi dengar yang dilakukan terlihat keseriusan yang begitu mendalam dalam penataan audionya. Paling menonjol ditunjukkan Lexus LS 460L  yang menggandeng Mark Levinson untuk bangun sistemnya. Lalu ada Mazda CX-9 yang menggandeng Bose buat ciptakan aura suara caimik. Dan BMW 730 Li menampilkan sistem audio professional yang jempolan. Biar lebih jelas ikuti saja ulasan berikut. Rahmat/Rahmat, Andi Okta/Widi

1. LEXUS LS460 L
SQ PERFEKSIONIS
            Sedan dengan harga Rp 2,1 miliar ini memang sangat layak dihargai segitu. Salah satu mata andalan untuk manjakan konsumen, aplikasi sistem audio yang menggandeng pabrikan terkemuka home audio Mark Levinson. Keandalan sistemnya dibukukan dengan memperhatikan semua aspek, mulai dari akustik sampai produk yang dipakai.
Uniknya ketika masuk ke showroom Lexus di jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, kastemer disajikan pula home audio keluaran Mark Levinson. Mantap!  Inilah sistem audio di mobil berspek SQ yang perfeksionis untuk kulaitas suaranya.
  • Speaker depan mengandalkan konus berbahan titanium yang gesit dan bersuara jernih.
  • Speaker belakang memakai material kertas dengan coating yang sohor untuk hasilkan efek suara natural.
  • Satu unit subwoofer dengan riset yang panjang dipakai untuk hasilkan suara bass yang berkualitas.
  • Tersedia dua head unit untuk di depan dan belakang (di taruh di tengah kursi belakang). Tak bikin ribet jika penumpang belakang pengin ganti CD.
  • Satu unit power amplifier yang telah dihitung matanbg untuk semburkan tenaga ke speaker ditaruh di bagasi.

2. Mazda CX-9
STEREO MURNI
            Menguliti sistem audio Mazda CX-9 yang dijual Rp 800 juta,  konsumen disuguhkan karakter suara audio yang enak didengar lantaran sistem audionya menggunakan speaker Bose yang sohor dalam dunia home audio.
  • Head unitnya dibekali fitur AM/FM & in-dash 6-disc CD Changer. Dengan fasilitas ini pendengar dapat memasukkan 6 CD sekaligus dalam satu head unit.
  • Speaker depan dan belakang dari Bose membuat warna suara audio terdengar natural, lembut tak menyerang telinga.
  • Dibekali dengan auxiliary audio input jack yang memungkinkan bisa dimasuki perangkat iPod atau MP3.
  • Teknologi AudioPilot™ 2 dan  Centerpoint® sound technology diset agar bisa atasi noise yang ada di kabin sehingga tata suara Mazda CX-9 benar bisa dinikmati dengan rileks.


3. MERCEDES-BENZ E350 COPUE

ANDALKAN 6 SLOT CD

            Besutan dua pintu dengan harga Rp 1,4 milliar ini dibekali penampilan mewah dari perangkat yang dipakainya. Desain bingkai head unit dengan layar LCD dibuat dengan warna hitam yang elegan.
  • Head unit mampu menampung 6 CD sekaligus. Jadi tak repot mesti tukar-tukar CD.
  • Fasilitas Blutooth untuk untuk telepon menjadikan penumpang tak ribet ketika mesti menerima telepon ketika mengemudi.
  • Lainya dibekali auxiliary audio input jack yang bisa diimbuhi iPod dan MP3.

4. ALL NEW NISSAN TEANA
SISTEM SIMPEL
Dari beberapa mobil premium yang diulas, Teana mengandalkan sistem sangat simpel. Dari kualitas suaranya cukup bagus, apalagi didukung aksutik yang masih rigid. Ditilik dari harga Teana dijual Rp 475 juta yang jauh di atas 4 mobil lainnya. Wajar bila sistemnya jauh di atas mobil premium dengan harga di atasnya.
  • Head unit 2 DIN yang dibekali radio AM/FM, 6 slot CD dan juga MP3.
  • Dibekali aux input untuk memasukkan perangkat semacam headphone.
  • Speaker standar dengan jumlah 6 unit (4 di pintu + 2 tweeter di depan)


5. BMW 730 Li COMFORT
CAR THEATRE JEMPOLAN
            Untuk menikmati audio di sedan seharga Rp 1,759 miliar ini penumpang mesti duduk di kursi belakang. Dua unit TV dengan kualitas gambar mumpuni untuk tonton car theatre  jempolan terpasang pada head rest. Kualitas stereonya juga sangat asyik untuk dinikmati.
  • Dilengkapi dengan dua head unit di depn dan belakang.
  • Dua TV 8 inci pada head rest benar-benar mewah dan punya kualitas yang amat bagus.
  • Paling penting speaker yang dipasang sebanyak 16 buah memenuhi standar Hi Professional.
  • Biar semburan suara speaker optimal power amplifier berdaya 600 watt dipakai.
  • DIRAC signal processing menghasilkan layanan suara untuk car theatre dan stereo yang mumpuni.




Senin, 22 Februari 2010

TEROBOSAN TANPA HENTI

TREN AUDIO & INTERIOR 2010
Tulisan ini pernah dimuat di majalah MOTOR Car & Tuning Guide edisi 374.




Penataan audio dan modifikasi interior merupakan dua hal yang tak bakal mati selama manusia masih mengendarai mobil. Dari tahun ke tahun dua poin di atas mengalami pengembangan dan inovasi tiada henti. Begitu juga ketika bicara tren audio dan interior di tahun 2010, maka diprediksi akan ada terobosan yang bakal mendapat respons positif penyuka modifikasi Tanah Air. Untuk menelaah lebih jauh, berikut ini prediksi tren audio dan interior yang bakal jadi buah bibir di 2010. Rahmat
A. AUDIO
Multimedia
MARAK TV DIGITAL
Geliat audio mobil di tahun 2010 diperkirakan bakal didominasi pada perangkat multimedia yang terus mengalami banyak penyempurnaan teknologi. Teknologi TV digital diprediksi bakal ramai diadopsi banyak orang. Hal ini lantaran dari segi hasil gambar, tayangan digital benar-benar bersih. Tanpa ‘semut’!. Produknya bisa berupa TV yang sudah satu paket dengan tuner digital atau dijual berupa tuner digital saja. Aplikasi ini bakal mendapat sambutan hangat lantaran hampir semua stasiun TV sudah memancarkan siaran digital. Beberapa penyedia layanan TV digital diantaranya SCTV, AN TV, TV One, Trans TV, Trans 7, Metro TV, Telkom TV dan TVRI.
Walau TV digital disambut hangat, perangkat multimedia yang terkoneksi dengan gadget bakal pula diminati. Paling dominan aplikasi koneksi iPod dan teknologi Bluetooth audio untuk mobil. Semua ini diprediksi bakal tetap mendapat sambutan antusias lantaran memang sangat mudah dan praktis buat diaplikasi.



Stereo
PLUG AND PLAY
Sedangkan dari aplikasi perangkat yang mengutamakan sistem stereo juga tetap mendapat porsi besar di masyarakat. “Pemakain sistem plug and play nampaknya bakal jadi tren,” ungkap Andreas Tjahjadi, bos PT Audio Plus, pemasok produk Crescendo. Makasudnya aplikasi sistem sismpel dengan posisi penempatan perangkat audio ditempat standar bakal marak. Hal ini lantaran orang tak lagi mau ribet dengan penempatan yang menyita ruang kabin.
Tanda-tanda penataan audio akan makin simpel dibuktikan diperlihatkan dengan hadirnya produk power amplifier yang semakin kecil. Teknologi power yang biasa dipakai pada sistem digital ini bakal marak. Jadi, “Komponen power banyak gunakan IC, sehingga ukurannya jedi lebih kecil,” ungkap Hongyono Chandra, instalatur Prisma Audio, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Salah satu power digital itu Alpine tipe PDX yang punya dimensi 25,7 cm x 19,2 cm x 6,2 cm dan produk Venom terbaru berukuran 30 cm x 14 cm x 5,5 cm.
B. INTERIOR
Elegan Harian
MENGACU KE MOBIL MEWAH

Tren interior 2010 khususnya aplikasi harian diprediksi bakal mengacu ke pemakaian pelapis jok yang biasa dipakai di mobil mewah. Salah satunya, “Pemakaian pelapis jok perforated (motif berlubang),” ungkap Willy Tang dari gerai jok Masterpiece, Tomang, Jakarta Barat. Dari segi bahan yang dipakai, perforated dengan memakai pelapis jok kulit asli adalah benar-benar dilubangi. “Efeknya bakal lebih nyaman karena ada pori-porinya. Ini seperti di jok Mercy S-Class baru,” tukas Willy.
Sedangkan bahan semikulit menurut Teddy dari PT RVM Global (pemasok pelapis jok Murano), “Perforated hanya aksen saja.” Ini akan bisa dikombinasikan dengan bahan motif polos. “Kalau hanya polos saja terlihat biasa saja,” ungkap Teddy. Kalaupun pelapis jok polos biasanya lebih pada kombinasi warna yang tak terlalu banyak. “Paling dua warna agar tak terlalu membosankan,” kata Willy.

Fashion

 EKSPRESI TAK TERBATAS
Untuk kamu yang tak mau terkungkung dengan tema desain pelapis jok yang sudah umum, dapat melakukan ekspresi tak terbatas. Atau dengan kata lain dapat melakukan eksperimen dengan memainkan warna dan desain kombinasi pelapis jok. Hadirnya warna cerah yang salah satunya dimotori MBtech dengan warna Camaro Fiesta-nya memberikan peluang untuk berkreasi lebih berani. Edy, bos Vertue Concept, Sunter, Jakarta Utara menuturkan selain lebih berani bermain warna, juga berani pada desain pemotongan pelapis kulitnya. “Cutting-nya lebih berani,” ungkap Edy.
Sedangkan Juan Elian, mitra Willy di Masterpiece mengatakan, “Pemakaian warna putih dikombinasi dengan warna cerah lain bakal banyak diaplikasi.” Warna putih karena banyak mobil putih dilansir pabrikan. Untuk motifnya bisa bebas, pada bagian tengah jok bisa dibuat dengan desain garis vertikal atau horisontal. “Dan ini merupakan pilihan custom,” ungkap Juan yang mesti mempersiapkan waktu lebih lama untuk desain custom dibanding motif lainnya.


Step by Step Pilih Pelapis Jok

MAU PUAS? IKUTI PROSEDUR INI!
Mengganti pelapis jok agar bisa sesuai kemauan butuh beberapa prosedur yang bisa diikuti. Step by step proses pemilihan jenis bahan dan desain ini disarikan berdasarkan pengalaman Willy yang biasa menangani permintaan kastemernya.
• Tahap pertama utarakan maksud penggantian pelapis jok. Cara ini lebih pada konsultasi untuk mencari tahu tentang proses pemasangan pelapis jok. Gerai pelapis jok yang ciamik, akan memiliki garansi 1 sampai 2 tahun untuk kepuasan pemakainya.
• Poin berikut tentukan pilihan warna agar bisa harmonis dengan tata interior keseluruhan. Biasanya kalau warna bertabrakan dengan warna plafon atau warna dominan di interior bakal cepat membosankan.
• Lalu agar tak terjadi kesalahan permintaan, mintalah form kertas kerja agar antara pihak bengkel jok dan kastemer tak cedera janji. Bengkel ciamik biasanya menyediakan kertas kerja yang berisi informasi tanggal, jenis bahan, kode warna dan contoh desain jok yang diinginkan.
• Tahap berikutnya lakukan penentuan harga dan janji untuk pemasangan. Untuk motif dengan desain simpel dan sudah umum rata-rata 1 hari kelar. Untuk desain custom biasanya butuh waktu lebih lama.

CEPAT DAN DINAMIS

Tulisan ini pernah dimuat di majalah MOTOR Car & Tuning Guide edisi 375
TEKNOLOGI PC MOBIL


Aplikasi PC yang biasa dipakai di luar mobil nampaknya bukan hal sulit lagi buat diaplikasi. Karena saat ini pabrikan audio mobil di China sudah mulai sukses membuat teknologi PC yang bisa dipakai di mobil. Hal ini mengemuka ketika berlangsung ajang perkenalan teknologi baru yang digagas PT. Intersis Sejahtera Abadi, pemasok produk multimedia AVT di hotel Brobudur, Jakarta beberapa waktu lalu.
Teknologi PC mobil lahir lantaran perangkat multimedia yang sudah ada butuh loncatan besar. Nah PC mobil merupakan jawabannya. Dengan teknologi ini tampilan perangkat multimedia menjadi sangat-sangat lebih dinamis. “Jadi nanti tampilan bisa diubah-ubah sesuai kemauan,” ungkap Ayong Jeo, bos PT. Intersis Sejahtera Abadi. Maksudnya dengan adanya perangkat yang bisa software pemilik dapat menjalankan program sesuai kemauan.
********
Perangkat PC mobil ini terdiri dari sebuah CPU layaknya komputer yang ada di rumah. Bentuknya seperti head unit single DIN. CPU ini dapat terkoneksi dengan SD card, USB, GPS dan DVD player. Untuk mengendalikannya dipakai keyboard berukuran besar dan layar monitor yang umum di pakai di mobil. Karena sistemnya mengadopsi PC rumah, ada komponen power suply yang dipakai.
Dengan adanya teknologi ini, maka tampilan pengaturan menu di monitor dapat diubaah sesuai dengan kemauan. Bahasa yang lebih screen saver dan tombol menu dapat diubah-ubah dengan cepat. Hal lainnya, aplikasi internet benar-benar bisa bekerja dengan baik karena teknologi ini benar-benar untuk mobil. Dalam aplikasi internet nantinya pihak pabrikan yang khusus membuat produk AVT telah membuat modem khusus untuk PC mobil.
“Teknologi ini dalam jangka 2 tahun baru bisa diaplikasi, kita hanya ingin kenalkan bahwa PC mobil sudah bisa diaplikasi,” ungkap Jaka Sendrawan, salah satu staff AVT yang ikut memberikan keterangan. Agar bisa terintegrasi dengan komputer mobil, pabrikan audio telah menyiapkan program terintegrasi untuk menginformasikan kondisi mobil. “Semua data tentang mobil bisa tersimpan di PC mobil,” tukas Ayong. Rahmat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar